Diskusi “Strategi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Transparansi dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan”

Meskipun telah disahkan pada tahun 2008, akan tetapi dalam pelaksanaannya UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) masih jauh dari harapan, seakan ada komunikasi yang terputus antara masyarakat yang ingin tahu dengan Kementerian dan Lembaga (K/L) selaku penyedia layanan public, salah satu agenda reformasi yang dijalankan pemerintah saat ini adalah percepatan penerapan pelaksanaan UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di tingkat Kementerian/Lembaga (K/L). Tidak hanya untuk memenuhi tuntutan UU KIP, tujuan akhir dari UU KIP adalah untuk memberikan akses informasi seluas-luasnya bagi masyarakat untuk berpartisipasi dan turut mengontrol kinerja K/L sehingga informasi tidak lagi jadi komoditi, korupsi dapat diminimalkan dan hak rakyat untuk tahu dapat dipenuhi.

Informasi yang obyektif, tepat dan akurat akan sangat menentukan dukungan publik terhadap kebijakan dan program pemerintah baik pusat maupun daerah. Kedaulatan pangan adalah issue hangat yang sangat terkait dengan hak azasi manusia. Kebijakan dan program untuk mendukung pendapaian kedaulan pangan tersebut perlu didukung dan diketahui publik, melalui tersedianya sumber informasi yang terbuka dan mudah utuk diakses yang disediakan oleh berbagai pihak yang bertangungjawab yaitu Kementerian dan Lembaga serta pemerintahan daerah. Pihak lainnya yaitu perguruan tinggi, industri/swasta dan masyarakat luas perlu ditingkatkan peran dan kesadarannya dalam memanfaatkan dan merespon informasi secara tepat dan sesuai.

Program Improving Ministries and Agencies Website for Budget Transparency (IMAGES) dirancang untuk turut membantu diseminasi informasi dan pelaksanaan UU KIP melalui penyempurnaan, perbaikan dan menyampaikan keberadaan situs web K/L kepada para pengguna. Sejalan dengan tujuan program, Paramadina Public Policy Institute (PPPI), Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan Fakultas Ekologi Manusia IPB akan mengadakan seminar nasional untuk membangun kebutuhan masyarakat akan informasi.

Acara akan dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal: Jumat, 26 September 2014
  • Waktu: Pukul 08.00 – 11.30
  • Tempat: Ruang Sidang Senat IPB, Gedung Rektorat Lantai 6, Kampus IPB Darmaga
  • Pembicara: Ir. Abdul Rahman Ma’mun (Direktur PPPI dan Ketua Komisi Informasi Pusat); Dr. Bima Arya (Walikota Bogor); Dr. Siti Amanah (Ketua Departemen SKPM IPB)

Konfirmasi peserta: Tita (08567056434). Acara bersifat gratis, tempat terbatas, disediakan sertifikat, seminar kit dan snack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>