Surat edaran tentang kewajiban publikasi bagi mahasiswa program magister (S2) SPs

Featured

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan riset pascasarjana serta mengacu pada Surat Edaran Dirjen DIKTI No.152/BT/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang Publikasi Karya llmiah, maka SPs IPB mewajibkan mahasiswa program Magister untuk mempufaiikasikan sebagian atau seluruh isi tesisnya dalam jumal ilmiah nasional terakredttasi, sebelum pelaksanaan ujian tesis dengan ketentuan sebaga berikut

  1. Mahasiswa angkatan 2012/2013 dan angkaian-angkaian sesudahnya, wajib menerbitkan artikel
    dalam jurnai ilmiah nasional terakreditasi dengan status telah diierbitkan,
  2. Mahasiswa angkatan 2011/2012 dan angkstan-angkatan ssbelumnya yang belum melakukan ujian tesis, berlaku ketentuan:

a. Pelaksanaan Ujian Tests periode 11 Februari 2013-31 Juti 2013:

minimal telah menyerahkan (submit) satu artikel dalam jurnai ilmiah nasional terakreditasi, yang dibuktikan dangan tandabukfi penyerahan artikel kepada dewan redaksijurnal..

b. Pelaksanaan Ujian Tesis periode 01 Agustus 2013-31 Desember 2013:

minimal telah menyerahkan (submit) satu artikel pada jurnai ilmiah nasional terakreditasi dan status artikelnya sedang dalam proses review, yang dibuktikan dengan tands bukii dari dewan rsdaksi jumal.

c. Pelaksanaan Ujian Tesis periode 01 Januari 2014-31 Juli 2014;

minimal ielah menyerahkan (submit) satu artikel pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan status artikelnya telah diterima untuk diterbitkan (accepted for publication).

d. Pelaksanaan Ujian Tesis mulai tanggat 01 Agustus 2014 dan sesudahnya:

minimal telah msnyerahkan (submity satu artikel ysng telah diterbitkan pada jumal ilmiah nasiona! terakreditast.

3. Bagi Program Studi/Mayor yang seiama ini ielah marnpu membina mahasiswa untuk mencapai baku dialas ketentuan  minimal ini dapat memberlakukan keteniuan yang lebih tinggi.

4. Ketentuan ini diberlakukan mulai 18 Desember 2012.

Berikut surat edaran tentang kewajiban publikasi bagi mahasiswa program magister (S2) SPs :

Jadwal Ujian Terbuka S3 SPS IPB

Featured

Berikut adalah jadwal ujian terbuka s3 sps IPB, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Program

Coba

Pengumuman PARE Program Mahasiswa Program Magister (S2)

PENGUMUMAN

Kepada Yth.

Mahasiswa Program Magister (S2) IPB

PARE PROGRAM

Bersama ini kami informasikan program kerja sama IPB dengan Hokkaido University yang disebut PARE Program, yaitu  merupakan program yang dirancang untuk merubah rantai negatif dari akibat peningkatan Population – Activities – Resources – Enviroments (disingkat program PARE).  Program kerjasama ini diinisasi oleh Universitas Hokkaido, Jepang bersama dengan 6 perguruan tinggi di ASEAN. Enam universitas yang bemitra dalam kegiatan ini adalah (1) Institut Pertanian Bogor (IPB), (2) Chulalongkorn University (CH), (3) Institut Teknologi Bandung (ITB), (4) Kasetsart University (KU), (5) Thammasat University (TU), dan (6) Universitas Gadjah Mada (UGM). Program ini bertujuan untuk mengembangkan Program Pascasarjana sehingga menghasilkan lulusan dengan empat kualitas berikut:  Field Research Capability, Cross-cultural Capability,  Frontier Spirit,  Problem Solving Competencies

Kegiatan yang ada dalam program ini dibagi dalam tiga kategori yaitu:

  1. Core Subjects : kegiatan diadakan selama 2 minggu dengan isi “Introduction to PARE” dan “Intensive Summer/Spring Course
  2. Comprehensive Subjects : kegiatan ini diadakan selama 1 semester dengan isi “Characteristic subjects to train 4 qualities” dan penelitian.
  3. Specialized Subjects: Kegiatan ini diadakan selama 2 semester dengan isi point 2 ditambah dengan penelitian dan tesis.

 

Pada tahun 2015, dibuka kembali kesempatan bagi mahasiswa magister SPs IPB yang berminat untuk mengikuti program PARE. Kegiatan pertama adalah “Spring School” yang akan diadakan pada tanggal 8-21 Maret 2015. Informasi dan persyaratan lebih lengkap dapat dilihat pada laman http://pasca.ipb.ac.id Pendaftaran dibuka hingga tanggal 13 Januari 2015 dengan menyerahkan dokumen ke Divisi Pengembangan Sekolah Pascasarjana IPB, Gd. Wing Andi Hakim Nasoetion Lt.1.

 

 

 

Perpanjangan Pengisian EPBM Online untuk Mahasiswa Program Pascasarjana

Pelaksanaan Evaluasi Proses Belajar  Mengajar (EPBM) Online semester ganjil 2014/2015 telah berlangsung pada tanggal 22 Desember 2014 sampai dengan 29 Desember 2104, namun masih banyak mahasiswa program pascasarjana yang belum mengisi dan melengkapi isian EPBM karena alasan teknis sampai batas akhir yang ditentukan. Sehubungan dengan hal tersebut disampaikan jadwal perpanjangan pengisian EPBM program pascasarjana sebagai berikut:

Hari, tanggal   : Selasa, 30 Desember 2014 – Jumat, 16 Januari 2015 (Pukul 16.00 WIB)

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Perpanjangan Studi Program Doktor (S3) Angkatan 2011

Bagi mahasiswa pascasarjana angkatan 2011 memperoleh kemudahan dengan adanya perpanjangan masa studi. Kabar ini seperti yang disampaikan oleh Sekolah Pascasarjana melalui website, yang isinya sebagai berikut:

Berdasarkan surat dari Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan DIKTI Nomor: 2034/E4.4/2014, berikut kami sampaikan Perpanjangan Studi Program Doktor Angkatan tahun 2011 pada Lampiran 1

Catatan: Bagi yang belum  mengetahui username dan passoword dapat melalui email sps[at]apps.ipb.ac.id dengan subjek “username” dan dilengkapi dengan NRP.

Pengumuman Dana Transportasi Mahasiswa BPPDN

Sehubungan dengan batas akhir proses pencairan dana oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2014 berakhir pada Tanggal 08 Desember 2014, maka dengan ini kami informasikan bagi mahasiswa BPPDN yang akan mengajukan dana transportasi kedatangan (mahasiswa BPPDN tahun masuk 2014) dan kepulangan (mahasiswa yang telah lulus tahun 2014) dapat mengumpulkan berkas persyaratan paling lambat tanggal 30 November 2014, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Tiket dan Boarding Pass;
  2. Fotocopi KTM sebanyak 1 lembar;
  3. Fotocopi SKL sebanyak 1 lembar;
  4. Fotocopi buku tabungan 1 lembar (Bank Mandiri dan BNI);
  5. Kwitansi dan SPPD (From di loket Terpadu SPs IPB lantai 1).

(Persyaratan pengajuan transportasi kedatangan hanya nomor 1 dan 5)

Lampiran surat

Diskusi “Strategi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Transparansi dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan”

Meskipun telah disahkan pada tahun 2008, akan tetapi dalam pelaksanaannya UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) masih jauh dari harapan, seakan ada komunikasi yang terputus antara masyarakat yang ingin tahu dengan Kementerian dan Lembaga (K/L) selaku penyedia layanan public, salah satu agenda reformasi yang dijalankan pemerintah saat ini adalah percepatan penerapan pelaksanaan UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di tingkat Kementerian/Lembaga (K/L). Tidak hanya untuk memenuhi tuntutan UU KIP, tujuan akhir dari UU KIP adalah untuk memberikan akses informasi seluas-luasnya bagi masyarakat untuk berpartisipasi dan turut mengontrol kinerja K/L sehingga informasi tidak lagi jadi komoditi, korupsi dapat diminimalkan dan hak rakyat untuk tahu dapat dipenuhi.

Informasi yang obyektif, tepat dan akurat akan sangat menentukan dukungan publik terhadap kebijakan dan program pemerintah baik pusat maupun daerah. Kedaulatan pangan adalah issue hangat yang sangat terkait dengan hak azasi manusia. Kebijakan dan program untuk mendukung pendapaian kedaulan pangan tersebut perlu didukung dan diketahui publik, melalui tersedianya sumber informasi yang terbuka dan mudah utuk diakses yang disediakan oleh berbagai pihak yang bertangungjawab yaitu Kementerian dan Lembaga serta pemerintahan daerah. Pihak lainnya yaitu perguruan tinggi, industri/swasta dan masyarakat luas perlu ditingkatkan peran dan kesadarannya dalam memanfaatkan dan merespon informasi secara tepat dan sesuai.

Program Improving Ministries and Agencies Website for Budget Transparency (IMAGES) dirancang untuk turut membantu diseminasi informasi dan pelaksanaan UU KIP melalui penyempurnaan, perbaikan dan menyampaikan keberadaan situs web K/L kepada para pengguna. Sejalan dengan tujuan program, Paramadina Public Policy Institute (PPPI), Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan Fakultas Ekologi Manusia IPB akan mengadakan seminar nasional untuk membangun kebutuhan masyarakat akan informasi.

Acara akan dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal: Jumat, 26 September 2014
  • Waktu: Pukul 08.00 – 11.30
  • Tempat: Ruang Sidang Senat IPB, Gedung Rektorat Lantai 6, Kampus IPB Darmaga
  • Pembicara: Ir. Abdul Rahman Ma’mun (Direktur PPPI dan Ketua Komisi Informasi Pusat); Dr. Bima Arya (Walikota Bogor); Dr. Siti Amanah (Ketua Departemen SKPM IPB)

Konfirmasi peserta: Tita (08567056434). Acara bersifat gratis, tempat terbatas, disediakan sertifikat, seminar kit dan snack.

Pengumuman Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Baru SPs IPB 2014/2015

Selamat dan sukses kami ucapkan kepada calon  mahasiswa baru program pascasarjana IPB tahap 1 tahun akademik 2014/2015 yang telah dinyatakan lolos seleksi atas nama sebagaimana terlampir.

Informasi lengkap akan kami sampaikan dalam bentuk surat resmi penerimaan mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana IPB tahun akademik 2014/2015 yang akan dikirim ke alamat Saudara melalui pos dan email.

Demikian atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 Bogor, 20 Juni 2014
Rektor,
ttd
Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc
NIP. 195909101985031003

Lampiran surat

JADWAL UJIAN TERBUKA S3 SPS IPB

Berikut adalah jadwal ujian terbuka S3 SPS IPB, Departemen Sains Komunikasi dan Pengambangan Masyarakat

Jadwal Ujian Terbuka SPS IPB