Silabus

KPM 511

Landasan Penyuluhan Pembangunan

3(2-3) 1

Filosofi, konsep, prinsip, metode, dan teknik penyuluhan pembangunan, sistem dan strategi penyuluhan pembangunan (pendekatan penyuluhan, pola penyuluhan, pengembangan sumberdaya manusia penyuluh, pengembangan program penyuluhan, pengembangan kelembagaan penyuluhan), pendekatan sistem (tipe masyarakat, identifikasi karakter tokoh masyarakat, faktor pendukung/penghambat), berbagai kasus penyelenggaraan penyuluhan di negara lain dan di Indonesia.

Aida Vitayala S. Hubeis

Pang S. Asngari

Amiruddin Saleh

 

 

KPM 513

Psikologi Belajar dan Mengajar

3(2-3) 1

Sifat-sifat belajar pada manusia, psikologi belajar mengajar, tujuan-tujuan pendidikan, proses dan teori belajar, cara belajar orang dewasa, motivasi belajar, pemilihan dan pengorganisasian metode dan teknik mengajar, pengajaran yang berpusat pada masalah, retensi dan transfer belajar, sintensis dan penggunaan konsep-konsep pendidikan dalam program penyuluhan, penyusunan kurikulum latihan, penilaian dan pengukuran hasil belajar.

Pudji Muljono

J. Soenarmo Hatmodjosoewito

Nurmala K. Pandjaitan

 

 

KPM 515

Administrasi dan Supervisi dalam Penyuluhan

3(2-3) 2

Sejarah penyuluhan pertanian di Indonesia. Susunan organisasi dari sistem penyuluhan pertanian, kebijaksanaan dasar yang dipergunakan untuk aktivitas penyuluhan, persoalan-persoalan dalam penyuluhan pertanian, program-program penyuluhan pertanian saat ini, dan teori serta peranan supervisi dalam penyuluhan.

Sumardjo

Richard W.E. Lumintang

 

 

KPM 51B

Evaluasi Program Penyuluhan

3(2-3) 1

Prinsip-prinsip dan tata kerja evaluasi program dan penelitian di bidang penyuluhan pembangunan, tujuan, proses dan manfaatnya. Langkah-langkah umum dalam evaluasi program dan penelitian di bidang penyuluhan pembangunan, pemilihan dan perumusan masalah, perumusan tujuan, penentuan aspek program/parameter yang akan dievaluasi/diteliti, pengukuran parameter, metode pengumpulan data, penskalaan, analisis, penafsiran, pengambilan kesimpulan dan pelaporan hasil evaluasi program/penelitian di bidang penyuluhan pembangunan.

Siti Amanah

Richard W.E. Lumintang

Basita Ginting Sugihen

 

 

KPM 51D

Komunikasi dalam Penyuluhan

3(2-3) 1

Konsep psikologi-komunikasi dalam penyuluhan.  Berbagai model komunikasi untuk transformasi perilaku manusia, metode, teknik, dan media komunikasi.  Pendayagunaan media komunikasi rakyat dalam sistem sosial.  Komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi antar persona, kelompok, dan massa serta perannya dalam penyuluhan. Pendukung dan penghambat komunikasi dalam proses difusi inovasi.  Pengembangan media komunikasi interaktif dan teknologi komunikasi dalam penyuluhan.

Amiruddin Saleh

Aida Vitayala S. Hubeis

Ismail Pulungan

 

 

KPM 611

Metode Penelitian Perilaku

3(2-3) 2

Teori perilaku, teori belajar sosial, teori perubahan sosial, dan teori psikologi komunikasi, dan kontribusinya dalam penelitian penyuluhan.  Deskripsi dan lingkup penelitian penyuluhan, pengembangan penalaran dan berpikir ilmiah, pendekatan induktif dan deduktif, identifikasi dan penentuan masalah penelitian penyuluhan, macam-macam penelitian, tujuan penelitian penyuluhan, proses penelitian, limitasi penelitian, mengembangkan kerangka berpikir penelitian berdasarkan teori dan konsep perilaku manusia yang relevan dengan topik penelitian, menyusun usul penelitian tesis/disertasi yang baik dan benar secara sistematis dengan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah.

Siti Amanah

Prabowo Tjitropranoto

Djuara P. Lubis

Sri Harijati

 

 

KPM 613

Pengembangan Instrumen Penelitian Penyuluhan

3(2-3) 1

Macam-macam parameter dalam penelitian penyuluhan, mengembangkan indikator-indikator untuk mengukur suatu parameter, macam-macam skala pengukuran dan tingkat pengukuran. Metoda-metoda pengukuran, Mengembangkan instrumen pengumpulan data, Mengembangkan validitas instrumen pengumpulan data, Menguji reliabilitas instrumen pengumpulan data, dan Memilih prosedur yang tepat untuk mengumpulkan data.

Amri Jahi

 

KPM 615

Metode Belajar Mengajar

3(2-3) 2

Karakteristik warga belajar yang berpengaruh pada pembelajaran, tujuan pembelajaran, teori-teori pembelajan, tiga metoda dasar pembelajaran, teknik-teknik pembelajaran, mengembangkan partisipasi warga belajar dalam suatu situasi belajar, evaluasi keefektifan metoda dan teknik pembelajaran, Merancang satu sesi pembelajaran, praktek “micro teaching” untuk mengembangkan keterampilan mengajar dan evaluasi kemampuan mengajar.

Pudji Muljono

Ma’mun Sarma

 

KPM 617

Penulisan dan Penyuntingan Artikel Ilmiah

untuk Penyuluhan

3(2-3) 1

Deskripsi komposisi, paragraf, unity, coherence, pola-pola budaya yang mempengaruhi unity, pola-pola pengembangan paragraf secara kronologis, spesial, analitis dengan jalan: (1) memberi contoh, (2) membuat definisi, (3) membandingkan, (4) membedakan, (5) memilih secara logis, dan (6) mengkombinasikan berbagai cara.

Amri Jahi

 

 

KPM 619

Teori Pendidikan Orang Dewasa

3(2-3) 1

Pengertian dan makna pendidikan orang dewasa, pola partisipasi dan pendidikan orang dewasa, institusi dan program pendidikan orang dewasa, latar belakang sosiologis pendidikan orang dewasa dan teori pendidikan bagi orang dewasa.

Amri Jahi

 

 

KPM 61B

Perencanaan Program Penyuluhan

3(2-3) 2

Sejarah dan penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang berhubungan dengan perencanaan pendidikan, perubahan berencana, perubahan sosial, menuju pengembangan program penyuluhan yang efektif. Tujuan pendidikan dan pembangunan kurikulum pendidikan penyuluhan, proses-proses adopsi dan difusi, fase-fase perubahan berencana, menggerakan masyarakat dan bekerja menuju perubahan.

Aida Vitayala S. Hubeis

Pang S. Asngari

Amiruddin Saleh

 

 

KPM 61D

Manajemen Kelompok dan Organisasi

3(2-3) 2

Penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dinamika kelompok, teori-teori peranan dan kepemimpinan, ikatan kelompok, tekanan-tekanan kelompok, motivasi pribadi, sasaran-sasaran kelompok, manajemen organisasi menuju pengorganisasian program penyuluhan yang efektif, dan gerakan voluntir.

Sumardjo

Margono Slamet

Amiruddin Saleh

 

 

KPM 61F

Masyarakat, Kelembagaan Pedesaan dan Penyuluhan

3(2-3) 1

Masyarakat sebagai suatu sistem sosial, unsur-unsur suatu sistem sosial, proses-proses sosial, pelembagaan sebagai suatu bentuk stabilisasi perubahan, kelembagaan sosial sebagai representasi kekuatan-kekuatan sosial, ekonomi, politik, dan budaya di masyarakat setempat, kelembagaan sosial sebagai wadah pengembangan partisipasi warga masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya setempat, peran kelembagaan pedesaan dalam pembangunan sosial di daerah pedesaan. Dibahas pula teori organisasi sosial,  pengembangan organisasi pemuda, strategi pencapaian tujuan, dan kelembagaan sosial dalam penyuluhan/pembangunan masyarakat.

Lala M. Kolopaking

Monty S. Padmanagara

Ninuk Purnaningsih

 

KPM 61H

Manajemen Pelatihan

3(2-3) 2

Penelaahan berbagai faktor pelatihan: a. Macam pelatihan: penataran, kursus, latihan kerja, lokakarya dan “pre & in service training”, b. Kebutuhan pelatihan berdasarkan kesenjangan, kurikulum/pelatihan, prinsip-prinsip pelatihan, motivasi bagi peserta pelatihan, sarana pelatihan, pengendalian manajemen pelatihan, dan evaluasi hasil pelatihan.

Siti Amanah

Anna Fatchiya

Soedijanto Padmowihardjo

 

 

KPM 61J

Filsafat Pendidikan dan Penyuluhan

3(2-3) 1

Sejarah dan perkembangan filsafah, ilmu pengetahuan, teknologi dan industri yang berpengaruh pada pendidikan, penyuluhan, peradaban dan kebudayaan manusia. Dasar-dasar filsafah, filsafah pada ilmu pendidikan: dasar, masalah dan pemecahan masalah serta penggunaan metodelogi filsafah pendidikan, teori pendidikan, tanggung jawab dan kewibawaan, tujuan dan sarana pendidikan, pendidikan formal dan non-formal. Pengaruh ilmu, teknologi dan komunikasi pada proses dan perspektif pendidikan dan penyuluhan di Indonesia.

Sumardjo

Darwis S. Gani

 

KPM 61L

Media Pembelajaran

3(2-3) 1

Manfaat penggunaan media pengajaran dalam penyuluhan, macam-macam media pengajaran dalam penyuluhan, pemilihan media yang tepat untuk setiap sesi pengajaran dalam penyuluhan, merancang media pengajaran dalam penyuluhan, Menguji coba media pengajaran untuk penyuluhan, menyempurnakan media pengajaran untuk penyuluhan, mengevaluasi keefektifan penggunaan media pengajaran dalam penyuluhan.

Pudji Muljono

Zaim Ukhrowi

 

KPM 61P

Pengembangan Sumberdaya Manusia

3(2-3) 2

Membahas teori tentang kebutuhan dasar manusia, sumberdaya alam dan lingkungan serta cara pendekatan penyuluhan dapat berperan dalam menumbuh- kembangkan kesadaran masyarakat, keluarga dan individu akan kebutuhan dalam meningkatkan kualitas hidup. Teori “coping mechanism” untuk pemenuhan kebutuhan dasar, dan teori sistem nilai sebagai bagian dari perilaku manusia.

Aida Vitayala S. Hubeis

Djoko Susanto

 

 

KPM 61T

Ekonomi Pendidikan Penyuluhan

3(2-3) 1

Pendidikan penyuluhan sebagai public goods, pendidikan penyuluhan sebagai suatu bentuk sosial, pendidikan penyuluhan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing suatu komunitas, informasi, pendidikan dan keahlian sebagai suatu unsure esensial dalam pembuatan keputusan, konstribusi penyuluhan dalam peningkatan GDP suatu komunitas.

Ma’mun Sarma

Herien Puspitawati

 

 

KPM 61U

Aplikasi Teori Sosiologi dalam Penyuluhan Pembangunan

3(2-3) 2

Pembangunan sosial, Tujuan penyuluhan dan pembangunan sosial, Proses-proses pembangunan sosial, Perspektif teoritis tentang pembangunan sosial, Kontribusi teori-teori sosiologi pada aliran-aliran penyuluhan pembangunan sosial dan aplikasi teori-teori sosiologi pada pembangunan sosial masyarakat Indonesia.

Lala M. Kolopaking

Djoko Susanto

 

 

KPM 711

Sistem Penyuluhan Pembangunan

3(2-3) 2

Mata kuliah ini membahas pokok-pokok teori sistem, komponen dan manajemen sistem penyuluhan, dan pemahaman yang menyeluruh tentang rangkaian pengembangan transformasi perilaku manusia melalui penyuluhan, serta analisis kebijakan sistem penyuluhan pembangunan di berbagai hirarki pengambilan keputusan.

Sumardjo

Margono Slamet

 

KPM 713

Sintesis Penelitian Penyuluhan

3(2-3) 1

Membahas mutu karya ilmiah terutama disertasi, ditinjau berdasarkan daya analitis, sintesis, dan evaluasi akan temuan penelitian, dan kontribusi terhadap ilmu serta dimensi pragmatisnya.  Topik mata kuliah meliputi relevansi antara teori yang mendasari penelitian, masalah, tujuan, kerangka berpikir, metode, pembahasan, dan kesimpulan penelitian; bobot ilmiah penelitian, keunikan penelitian, alat analisis yang tepat dengan masalah dan tujuan penelitian, kekuatan analisis dan interpretasi data, dan implikasi penelitian bagi pengembangan teori dan pemecahan masalah sosial.

Siti Amanah

Prabowo Tjitropranoto

Arief Satria

 

 

KPM 71B

Kepemimpinan

3(2-3) 1

Konsep-konsep kepemimpinan, tipe-tipe dan fungsi-fungsi kepemimpinan, teori-teori dan model-model kepemimpinan, sifat dan perilaku pemimpin, kepemimpinan dan kekuasaan, interaksi pemimpin dan pengikut, manajemen dan gaya-gaya kepemimpinan, aspek situasional dalam kepemimpinan, aplikasi dan implikasi teori dalam praktek.

Sumardjo

Margono Slamet

 

 

KPM 71D

Manajemen Mutu Terpadu

3(2-3) 2

Filisofi mutu, penyuluhan sebagai pelayanan jasa, ciri-ciri mutu jasa, prinsip-prinsip mutu terpadau, langkah-langkah baku manajemen mutu terpadu, alat dan tehnik untuk meraih mutu, kepemimpinan untuk mutu, kelompok kendali mutu, perancangan mutu, dan perencanaan strategis untuk mutu.

Sumardjo

Margono Slamet

Amiruddin Saleh

 

KPM 71F

Manajemen Organisasi Kemasyarakatan

3(2-3) 2

Konsep organisasi, sifat-sifat organisasi sosial, perkembangan struktur organisasi, tipologi organisasi, konsep efektifitas organisasi, fungsi-fungsi organisasi, proses-proses organisasi dan pengelolaannya, kepemimpinan, pembinaan dan pengembangan organisasi. Konsep-konsep psikologi sosial dan manajemen organisasi masyarakat dibahas secara terpadu.

Lala M. Kolopaking

Wahyudi Ruwiyanto

 

 

KPM 71J

Psikologi Sosial dalam Penyuluhan

3(2-3) 1

Dasar perilaku sosial, teori psikologi sosial, teori Kognitif, Pembuatan keputusan, teori kepribadian, teori psikologi kognitif, psikoseksual, hubungan antar pribadi, teori reasoned action, prasangka, kelompok dan kepemimpinan, psikodinamika, perilaku kolektif, dinamika kelompok, psikologi terapan, psikologi manajemen, psikologi sosial, dan penyuluhan.

Pudji Muljono

Darwis S.Gani

Nurmala K. Pandjaitan

 

 


KPM 71N

Pembangunan Masyarakat

3(2-3) 1

Membahas pengertian pembangunan, teori pembangunan, konsep community development (CD), filosofi, prinsip-prinsip dan pendekatan CD, perbandingan CD dan extention education konsep pemberdayaan dan partisipasi, perencanaan pembangunan partisipatif,  strategi pendekatan komunitas, peranan  dan ketrampilan pekerja komunitas, isyu-isyu terkini dalam pembangunan masyarakat.

Ninuk Purnaningsih

Basita G. Sugihen

 

 

KPM 71P

Aksi Sosial dalam Pembangunan Masyarakat

3(2-3) 2

Aksi sosial, pembangunan sosial, basis pembentukan model-model aksi sosial, elemen-elemen model aksi sosial, model-model aksi sosial dan perspektif-perspektif pembangunan sosial, dan aplikasi model-model aksi sosial dalam pembangunan masyarakat.

Amri Jahi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>