Strategi Pembangunan Berperspektif Gender

Oleh: Dr. Siti Amanah

Pembangunan adalah sebuah proses, bukan sebuah kondisi, proses tersebut menyangkut nilai–nilai luhur. Nilai–nilai luhur tersebut berkaitan dengan masyarakat yang dicakup dalam pembangunan, bukan nilai-nilai Barat. Dua teori utama terkait pembangunan: (1) Teori Modernisasi : pembangunan mrpk masalah internal , (2) Teori struktural : kemiskinan & ketertinggalan adalah karena faktor eksternal .

Paradigma pembangunan dulu dan kini: (a) Kegiatan nyata dan berencana, (b) Istilah yang mulai merebak sejak selesainya PD II: Bangsa-bangsa yang mulai merdeka – mulai berbenah diri .

Pidato Presiden Harry S. Truman pada Januari 1949, pada butir keempat mengusulkan bantuan Negara yang lebih kaya kepada negara yang lebih miskin (Lerner, 1977). Negara yang baru merdeka —berada dalam situasi yang kacau. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat kacau, Pendidikan yang menyedihkan , Kondisi kesehatan yang parah dll.

Tahap Pembangunan (Rostow): Tahap tradisional, Tahap transisi , Tahap tinggal landas, Tahap kematangan bangsa , dan Tahap konsumsi massa yang tinggi . Akhirnya hingga sekarang ada dua kubu: (a) Negara maju (developed countries) , dan (b) Negara kurang maju (underdeveloped countries) atau halusnya sedang berkembang (developing countries).

Selengkapnya baca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>